Kenali famili tumbuhan Papillionaceae dan Solanaceae yang bermanfaat

Kenali famili tumbuhan Papillionaceae dan Solanaceae yang bermanfaat


Cara Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Tumbuhan didunia ini sangat banyak macamnya. Setiap tumbuhan miliki ciri khas masingmasing. Nah, kesempatan ini, yuk kita ulas mengenai 2 famili yang ada pada grup tumbuhan berkeping dua (dikotil), yakni Papillionaceae serta Solanaceae.


1. Papillionaceae (suku kacangkacangan)

Famili dikotil yang satu ini dengan gampang dapat anda dapatkan di sekitarmu. Ciriciri suku kacangkacangan yaitu :


Bunganya berupa kupukupu serta terdiri atas lima mahkota (bendera terdiri atas satu lembar daun mahkota, sayap terdiri atas dua lembar daun mahkota, dan benang sari dua tongkol terbagi dalam 10 helai, 1 helai terpisah serta 9 helai membuat satu sisa).


Pada akarnya ada bintilbintil yang jadi tempat hidup bakteri Rhizobium radicula. Bakteri ini utama manfaatnya, lantaran ia bisa mengikat nitrogen yang diperlukan oleh tumbuhan.


Bentuk buahnya berbentuk buah polong.



Contoh tanaman yang termasuk juga dalam suku ini yaitu kacang hijau, kacang kedelai, serta kacang merah yang disebut sumber protein nabati. Kacang panjang, kecipir, serta buncis bisa digunakan sebagai sayursayuran, angsana sebagai bahan bangunan, orokorok sebagai bahan pupuk hijau, serta dadap merah sebagai tanaman hias.


2. Solanaceae (suku terungterungan)

Ciriciri suku terungterungan yaitu :


Mahkota bunga berupa terompet atau bintang yang sejumlah lima buah, mempunyai kelopak, satu putik, serta lima benang sari.


Buahnya terdapat diatas basic bunga.


Dinding buah terdiri atas dua susunan, yakni susunan tidak tebal serta susunan dalam tidak tipis yang berbentuk kotak buah serta didalam kotak ini ada banyak biji.



Contoh tanaman yang termasuk juga suku terungterungan yaitu tomat serta terung yang digunakan sebagai bahan sayur sayuran, cabai sebagai bumbu masak, tembakau sebagai bahan rokok, serta kecubung sebagai bahan obatobatan.


Nah, tersebut 2 diantara sebagian famili yang ada pada grup tumbuhan berkeping 2 atau dikotil.

Komentar