100 Startup Indonesia Terbang ke Markas Plug and Play di AS

Jawaban Telkom atas Tuntutan Kebijaksanaan FUP IndiHome

, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) menjawab keluhan pelanggannya masalah kebijaksanaan fair usage policy (FUP) dalam service IndiHome. Awalnya, konsumen setia IndiHome menampik kebijaksanaan itu serta ajukan tuntutan online melalui Change.org.

Telkom mengatakan aplikasi FUP untuk jaga kualitas service serta kenyamanan pada konsumen setia IndiHome. “Penerapan kebijaksanaan ini membuat perlindungan normal user dari pendayagunaan penggunaan terlalu berlebih oleh heavy user, sebut Vice President Corporate Communication Bijak Prabowo dalam info sah yang diterima Tempo, Selasa malam, 9 Februari 2016.

Bijak menjelaskan FUP cuma diresmikan untuk service Internet pada IndiHome serta tidak punya pengaruh pada service video (UseeTV) serta telephone. Dia mengatakan aplikasinya ikut dikerjakan negara lain.

“Penerapan FUP dikerjakan di negara lain, seperti Amerika, Jepang, serta Malaysia, dan operator lain di Indonesia. Ini mempunyai tujuan memperlakukan customer dengan adil sesuai kebutuhannya, katanya.

Bijak menerangkan, Telkom butuh mengaplikasikan FUP. Karena, menurutnya, sampai kini, ada heavy user pada konsumen setia IndiHome yang manfaatkan Internet-nya untuk mengambil film atau games dengan terus-terusan, serta meretailkannya, hingga penggunaan jadi tidak lumrah.

“Hal ini bisa mengganggu kualitas service serta kenyamanan buat pemakai lain yang membayar dengan biaya yang sama, papar Bijak. Karena itu, memerlukan FUP, supaya ada keadilan buat customer yang manfaatkan Internet dengan lumrah.

FUP yang disiapkan Telkom lewat IndiHome, kata Bijak, mempunyai kelebihan bila dibandingkan operator lain. Menurutnya, untuk service dengan kecepatan 10 megabytes per second (Mbps), fair usage yang diberi sampai 300 gigabita atau sama dengan nikmati video dengan kualitas standard sepanjang 1.800 jam atau seputar 1.200 video.

Jika melalui batas 300 gigabita, konsumen setia akan bisa memakai service Internet, tetapi dengan kecepatan 75 % atau 7,5 Mbps. Sedang jika di atas 400 gigabita, kecepatan akan dikurangi jadi 40 %. Menurutnya, volume ini bebas buat konsumen setia normal atau penggunaan rumah tangga.

“Hampir 99 % konsumen setia IndiHome tidak dipengaruhi oleh aplikasi FUP. Karena, berdasar data, rata-rata mengonsumsi bandwidth konsumen setia itu dibawah 300 GB.

FRISKI RIANA

"

Komentar