KCIC dan HSRCC Resmi Garap Kereta Cepat Jakarta Bandung

Dirut Garuda Indonesia Terangkan Fakta Tutup Rute ke London

, Jakarta - Direktur Penting PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Pahala Mansyuri mulai bicara ihwal penutupan rute penerbangan langsung dari Jakarta ke London serta sebaliknya. Rute ini gagasannya akan ditutup mulai 28 Oktober 2018.

Menurut Pahala, fakta penting ditutupnya rute itu ialah penghasilan yang tidak sesuai harapan. Garuda cuma dibolehkan isi 75 % dari kemampuan pesawat Boeing 777-300 ER yang dipakai dalam penerbangan langsung ke London.

Salah satunya fakta (penutupan rute itu) ialah susah untuk mendapatkan untung adanya penetapan jumlahnya penumpang, kata Pahala, Kamis, 30 Agustus 2018.

Ia memberikan tambahan maskapai pelat merah itu akan kembali menjalankan rute Heathrow-Amsterdam-Jakarta sekitar enam kali penerbangan per minggu. Awalnya frekwensi penerbangan Jakarta-Amsterdam cuma sekitar 3x per minggu.

Sesudah dibuka pada 2014, pasar rute Jakarta-London sebetulnya mempunyai tingkat keterisian rata-rata 75 % dari kemampuan pesawat. Kemampuan pesawat sebenarnya bisa dimaksimalkan bila tidak ada restriksi jumlahnya penumpang.

Penumpang dari London umumnya pelancong yang ingin pelesiran ke Bali atau meneruskan penerbangan ke Australia. Pahala mengatakan pasar mungkin yang bisa diamankan Garuda dari masyarakat Inggris yang akan ke Australia sampai 1,6 juta orang per tahun.

Pahala menjelaskan jadi alternatif, Garuda akan berkonsentrasi buka rute internasional lain. Gagasannya ada tiga tujuan yang akan diincar, yaitu Paris di Prancis, Manila di Filipina, serta Ho Chi Minh di Vietnam.

Namun, ke-3 rute itu belum dibuka pada tahun ini. Sudah diketahui, proses pembukaan rute internasional memerlukan proses yang lumayan panjang serta memerlukan survey pasar sampai usaha diplomasi negara.

Di lain sisi, faksinya akan pastikan tersedianya sumber daya seperti pesawat atau set crew kabin. Menambahkan rute Garuda Indonesia yang mempunyai kekuatan tingkat isian penumpang (seat load factor/SLF) tinggi dapat tingkatkan kapasitas maskapai. Rute Paris, Manila serta Ho Chi Minh menanti sampai Maret 2019, katanya.

BISNIS

"

Komentar